Dango… dango… dango… dango… dango daikazou….

Dango From Clannad
  
Ada yang pernah nonton Cannad? Di dalam anime itu ada tokoh bernama Furukawa, yang super duper menggemari Dango. Menurutnya, dango adalah bulatan kecil yang paling lucu sedunia. Sampai sampai dia membuat poster pertunjukan violin temannya dengan gambar dango. Sama sekali ga nyambung…

Dango adalah makanan tradisional. Bentuknya bulat seperti bola kecil. Kalau di Indonesia mungkin mirip dengan “cilok”. Hanya saja jika Dango memiliki warna warni. Ada rasa manis atau asin. Berhubung cara membuat Dango ini cukup mudah dilakukan dirumah, mari kita mencobanya. Sebagai bahan cemilan disaat musim hujan dan kita ga bisa kemana – mana.
Berikut adalah cara membuat Dango (Sumber: www.vemale.com)

Bahan dango:
·         100 gr tepung beras
·         100 gr tepung beras ketan
·         2 sdt gula
·         150 ml air hangat
·         Tusuk sate

Bahan Saus
·         5 sdm. gula (manis sesuaikan dengan keinginan Anda)
·         1 sdm. kecap (soy sauce)
·         4 sdm. air
·         1 sdm. maizena
·         1 sdm. air untuk melarutkan maizena

Cara membuat:
Dango:
1. Campurkan bahan dango dalam sebuah baskom, tambahkan air perlahan, aduk hingga menjadi adonan yang menyatu dan kalis.
2. Bentuk bulatan kecil, rebus bulatan dalam panci berisi air. Jika bulatan dango sudah mengambang ke permukaan, angkat dan tiriskan. Tusuk 3 bulatan dalam satu tusuk sate.

Untuk saus: Campurkan kecap, gula, dan air dalam panci kecil, rebus hingga mendidih. Tambahkan maizena yang telah dilarutkan dengan air, aduk rata, angkat dari kompor. Anda juga dapat menggantikan saus ini dengan gula merah cair agar lebih sesuai dengan rasa Indonesia.
 #Haru
Matarashi Dango