Doumo minna!!

Bagaimana pelajaran huruf Hiragana & Katakananya ?? sudah hafal atau belum ?? hehe Saya rasa pasti sudah, meskipun ada yg masih kerja keras buat menghafal huruf khas Jepang ini... ^o^  Hmm... kali ini saya akan mengenalkan sedikit tentang huruf Jepang yang terkenal ruwet, serem, dan atau apalah, yaa kira-kira huruf apakah itu ???. . .

Yupps!!, bener sekali... KANJI !! <3   >.<   XD

Dalam belajar kanji, sesuatu yang paling penting adalah memahami maknanya, kemudian cara bacanya.. tap jangan lupa untuk mengingat tulitomonya (kalau bisa, bisa menulisnya juga :D )  Bagi para pemula mungkin tomogat sulit sekali dan bahkan membuat otak panass. Tapi tenang, asalkan minna tomo sudah terbiasa dengan huruf kana, disertai dengan usaha yg gembira dan juga doa, belajar Kanji akan jadi mudah.. hehe

Sebelumnya minna tomo pasti sudah tahu perbedaan huruf Hiragana dan Katakana. Yup benar!! Hiragana digunakan untuk kata-kata asli Jepang, sedang Katakana untuk kata-kata serapan dr luar Jepang. Kata yang menggunakan huruf hiragana pada umumnya mempunyai karakter kanji, sedangkan yang tidak memiliki karakter kanji biasanya ditulis dg katakana..

Yosh!!... Sekarang mari kita mulai perang dengan Kanji... hehe

Sebagian besar Kanji sebenarnya berasal dari China. Huruf kanji 漢字 di buat di China lebih dari 3000 tahun yang lalu. Mula-mula dari bentuk suatu benda kemudian dipresentasikan ke dalam bentuk tulisan sehingga bisa di baca. Seperti beberapa contoh karakter huruf Kanji yang ada di bawa ini, huruf berangsur-angsur berubah ke bentuk yang lebih sederhana dan mudah di tulis. Sehingga menjadi huruf Kanji yang kita gunakan sampai sekarang.

Kanji memiliki tiga bagian yang paling mendasar: Bentuk, Pengucapan dan Arti. Setiap karakter Kanji ada yang mempunyai bentuk yang sangat sederhana seperti pada karakter Kanji Ichi ( 一 ) yang terdiri atas satu goresan dan ada juga yang mempunyai bentuk yang sangat kompleks hingga memiliki dua puluh sampai tiga puluh goresan seperti pada karakter Kanji Kōnotori ( 鸛 ) yang terdiri atas dua puluh delapan goresan. Hampir setiap karakter Kanji memiliki dua pengucapan, yaitu pengucapan China yang biasa di sebut On Yomi (音読み) dan pengucapan Jepang yang biasa di sebut Kun Yomi (訓読み), dan tiap-tiap bacaan memungkinkan memiliki banyak makna. Dalam pengucapan On untuk mengetahui maknanya sangatlah sulit, sedangkan pengucapan Kun untuk mengetahui maknanya sangatlah mudah.


Perhatikan yang ini,
生けるIkeru + 花Hana → 生け Ikebana  (Seni merangkai Bunga di Jepang)

Biasanya dalam penulisan Kanji, hiragana juga diikutsertakan (di bagian atas/bawah maupun sebagai ekor), yang ditulis di atas atau bawah biasa disebut dengan Furigana.

Lalu bagaimana cara membaca dan menulis serta pemakaian huruf- huruf Jepang ini??
Oke.. mari kita lihat contoh penulisan kalimat di bawah ini.. 


Hiragana : あの ひと は たかむらさん です。
Kanji : あの 人 は 高村さん です。


Kedua kalimat tersebut memiliki arti yang sama. Namun apabila ditulis seperti kalimat pertama, maka akan terlihat rancu dan terkadang malah membingungkan baik itu dari intonasinya atau dari maknanya, penulisan seperti ini biasa digunakan oleh anak-anak yang masih belajar hiragana. Sedangkan penulisan seperti kalimat kedua adalah kalimat yang lazim dan pasti digunakan di Jepang. Selain itu, Jepang terkenal dengan negara yang memiliki kesamaan bunyi pada kosakatanya (homofon). Misalnya はな, memiliki 2 arti yaitu bunga dan hidung. Cara membedakannya bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dilihat dari konteks kalimatnya, dan yang kedua adalah dilihat dari karakter Kanjinya. ^^
Nah, itulah mengapa belajar Kanji sangatlah penting dan merupakan lauk pokok bagi orang yang mendalami Bahasa Jepang.


Okidoki, berikut saya berikan beberapa contoh homofon dalam Bahasa Jepang..hehe
Jiko 事故 Kecelakaan
Jiko 自己 Self, oneself

Kami  Kertas
Kami  Rambut
Kami  Tuhan, Dewa

Miru 見る Melihat
Miru 診る Memeriksa


Yosh. . . Nah, bagaimana minna ?? Apakah sudah mendapatkan sesuatu dari pelajaran kali ini?... :)
Untuk pelajaran kanji lebih mendetail mungkin tidak akan saya berikan di pelajaran-pelajaran berikutnya.. Tap, saya akan tetap mengikutsertakan tulisan kanji dalam pelajaran berikutnya. Saya berharap minna tomo bisa belajar sendiri dengan kanji-kanji yang ada di pelajaran Bahasa Jepang berikutnya...

Tips Menghafal Kanji:
Jangan ragu dan lelah untuk corat-coret alias belajar nulis. Daan, usahakan membaca kanjinya ketika minna san menemui tulisan yang disertakan furigananya (jangan yg hiragananya okidoki)

Jaa, kore de ijou to omoimasu...
Minna, ganbarimashou !!
Salam Nihon Club

Admin D~