Ketika kita berbicara mengenai kerajinan tangan Jepang, hampir semua orang akan cukup familiar dengan seni kerajinan yang menghasilkan berbagai bentuk yang unik dan luar biasa dari Origami. Tapi berapa banyak orang yang mengetahui seni kulit jeruk Jepang? yup benar sekali ini adalah kerajinan yang terbuat dari kulit jeruk, yah namanya juga jepang penuh dengan hal-hal aneh yang pastinya sulit untuk diduga.

Tema yang sangat tepat untuk kita bahas berhubung saat ini sedang musim dingin. Yap, ide seni kulit jeruk Jepang ini terinspirasi ketika musim dingin. Pada bulan-bulan musim dingin, ada sebuah tradisi tak tertulis bagi orang Jepang, yaitu meringkuk di bawah Kotatsu (meja dihangatkan dengan selimut dihamparkan di atasnya) dan makan Mikan (jeruk Mandarin). Namun, banyak orang Jepang yang merasa bahwa jika memperlakukan musim dingin hanya untuk memakan jeruk mikan ini saja tidaklah cukup memuaskan bagi mereka. Dan memotong kulitnya menjadi bentuk yang kompleks akhirnya menjadi nilai seni tersendiri buat mereka. Kamu akan terkagum-kagum dengan bentuk karya-karya seperti makhluk hidup yang bisa diciptakan dari kulit sebuah jeruk!

Adalah Yasuhiro Okada yang kemudian membuat serangkaian buku bergambar Atarashii Mikan no Mukikata (Cara Baru Mengupas Mikan). Buku ini berisi 25 diagram untuk menciptakan hewan dan bentuk lainnya dari kulit mikan dengan cara yang mudah. Setiap karya seni yang dibuat menggunakan lembaran tunggal kulit mikan yang tak terputus.

Yah berikut ini beberapa hasil karya mikan art yang berhasil dirnagjum oleh admin untuk NC-Tomo sekalian.






By Admin NC-H Sumber