Yosh minggu kemarin kita sudah membahas mengenai Bisnis Ala jepang sekarang Kami akan membahas mengenai salah satu perusahaan raksasa elektronik asal jepang sejarah berdirinya serta biografi pendirinya semoga NC-Tomo beserta pembaca berkenan. Douzo

Akio Morita lahir pada tanggal 26 Januari 1921, di kota Nagoya, dari sebuah keluarga pembuat sake (bir khas jepang). Keluarga Morita telah menggeluti pembuatan bir sake selama hampir 400 tahun di kota Tokoname, dekat Nagoya. Di bawah asuhan ketat ayahnya, Kyuzaemon, Akio sedang dipersiapkan untuk menjadi pewaris bisnis keluarga. Sebagai mahasiswa, Akio sering duduk pada rapat perusahaan dengan ayahnya dan ia akan membantu bisnis keluarga bahkan pada liburan sekolah.

Keluarga yang Morita pada masa itu telah mengenal gaya hidup ala budaya Barat, seperti mobil dan fonograf listrik. Setiap kali ia dibebaskan dari tugas-tugas rumah tangga, Akio muda menjadi asyik membongkar gramofon dan menyusunnya kembali.

Dari usia dini, Akio gemar mengutak-atik peralatan elektronik, dan matematika dan fisika adalah mata pelajaran kesukaannya selama SD dan SMP hari. Setelah lulus dari Sekolah Tinggi, ia memasuki Departemen Fisika di Osaka Imperial University.

Selama waktu itu, Jepang berada di tengah-tengah Perang Pasifik. Pada tahun 1944, Akio, yang telah menjadi letnan Angkatan Laut setelah lulus dari universitas tahun itu, bertemu dengan Masaru Ibuka dalam Angkatan Laut Wartime Research Committee.

Ketika ia kembali ke rumah keluarga di Nagoya setelah perang, Morita diundang untuk bergabung dengan fakultas Tokyo Institute of Technology oleh salah satu profesor. Morita mengemasi barang-barangnya dan bersiap-siap berangkat ke Tokyo, ketika sebuah artikel tentang laboratorium penelitian didirikan oleh Ibuka muncul di sebuah kolom surat kabar Asahi disebut, "Blue Pensil." Dengan berakhirnya perang, Ibuka telah mendirikan Institut Penelitian Telekomunikasi Tokyo untuk memulai sebuah awal yang baru. Setelah membaca artikel ini, Morita mengunjungi Ibuka di Tokyo dan mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan baru bersama-sama yaitu yang sekarang dikenal sebagai SONY Corp.

Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940an. Seiring dengan berkembangnya Sony sebagai perusahaan internasional yang besar, ia membeli perusahaan lain yang mempunyai sejarah yang lebih lama termasuk Columbia Records (perusahaan rekaman tertua yang masih ada, didirikan pada tahun 1888).

Ketika Tokyo Tsushin Kogyo sedang mencari nama yang sudah diromanisasi (bukan dalam bahasa maupun tulisan Jepang) untuk memasarkan perusahaan mereka, mereka mempertimbangkan dengan kuat untuk menggunakan singkatan mereka, TTK. Alasan mereka tidak memilihnya adalah karena ada perusahaan kereta api Tokyo Kyuko yang saat itu dikenal sebagai TKK.

Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang merupakan akar dari sonik dan bunyi, dan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan. Pada saat itu, sangatlah aneh bagi sebuah perusahaan Jepang untuk menggunakan huruf Roman untuk mengeja namanya, apalagi penggunaan aksara fonetis yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang (daripada menggunakan aksara Tionghoa). Hal ini menjadi awal nama dari SONY itu sendiri yang dalam pengucapannya dapat dilafalkan dengan berbagai bahasa dengan mudah tanpa harus mengubah ejaannya. Dan pada 1958 perusahaan mulai secara formal mengadopsi nama " Sony Corporation " sebagai nama perusahaan.

Langkah ini mendapatkan tentangan; bank yang merupakan sponsor TTK saat itu, Mitsui mempunyai perasaan yang kuat terhadap nama tersebut. Mereka menginginkan nama seperti Sony Electronic Industries, atau Sony Teletech. Tetapi pendirian Akio Morita tetap teguh, karena dia tidak ingin nama perusahaannya terkait dengan industri apapun juga. Akhirnya, sang Ketua Bandai dan Presiden Masaru Ibuka memberikan persetujuannya.

-    Pada 1988, Sony membeli CBS (Columbia) Records Group dari CBS. Ia kemudian dinamakan "Sony Music Entertainment".
-  Pada 2000, Sony mempunyai penjualan sebesar US $63 milyar dan 189.700 karyawan. Sony mengakuisisi perusahaan Aiwa
-  Pada 2002, Sony juga memiliki saluran televisi di India dan saluran-saluran yang ditujukan untuk komunitas India di Eropa.
Sedikit pesan dari Maestro Akio bagi para pebisnis muda Cara sukses berbisnis Akio mengajarkan Fokuskan saja perhatian dan upaya maksimal yang bisa anda lakukan dengan bisnis anda, demi kebaikan bersama. Bisnis yang sejati dilandaskan pada prinsip semua untung dan semua senang.


Semua berawal dari niat jika niat anda berbisnis atau melaunching produk hanya untuk mengalahkan orang lain apalagi berniat membunuh perusahaan atau produk orang lain maka bisa dipastikan tidak banyak yang bisa anda dapat. Adalah lebih baik fokus bagaimana membuat perusahaan atau produk kita semakin baik dari hari ke hari. Baik dari segi kualitas maupun pemasukan atau penjualannya perkara ada yang kalah dengan kita itu urusan lain. Yang terpenting niat kita tidak bermaksud mengalahkan atau membunuh orang lain. Jangan buang energi kita untuk hal-hal seperti itu. 



Seandainya pun usaha anda itu berhasil pasti suatu hari kelak akan ada orang yang berlaku sama kepada anda. So marilah kita sukseskan bisnis yang kita bangun dengan cara-cara yang terpuji. 

Semoga dengan artikel ini dapat membatu NC-Tomo memotivasi supaya bisnis anda sekalian lebih bermanfaat kedepannya terima kasih sudah setia menanti dan membaca tulisan dari Blog NC silahkan berkunjung ke group NC untuk berdiskusi dan sharing mengenai macam-macam hal tentang Negeri Sakura

SUMBER dari buku Kiat Sukses Bisnis: Akio Morita dan Sony dan rangkuman dari berbagai sumber
By Admin NC-H