Pemerintah Jepang mengeluarkan rancangan kebijakan guna membangkitkan masyarakat daerah dengan fokus menghentikan penurunan populasi

Pemerintah mempresentasikan rancangan tersebut dalam sebuah pertemuan para pakar yang dihadiri oleh Perdana Menteri Shinzo Abe, pada hari Kamis (06/11/2014).

Salah satu rancangan untuk kebijakan menyeluruh mengurai tentang satu tindakan untuk lima tahun ke depan, sementara rancangan lainnya menetapkan visi jangka panjang.

Dalam visi jangka panjang ditetapkan target untuk menghentikan penurunan populasi Jepang pada sekitar 100 juta jiwa pada tahun 2060. Rancangan tersebut menyebutkan jumlah rata-rata kelahiran anak harus dinaikkan dari 1,43 pada tahun lalu menjadi sekitar 1,8 agar target tersebut bisa tercapai.

Sedangkan strategi untuk lima tahun ke depan menetapkan pembangunan sistem baru untuk memanfaatkan apa yang disebut sebagai data besar untuk menganalisis masalah yang dihadapi masyarakat.

Perdana Menteri Abe mengatakan pemerintah akan mulai bekerja pada kebijakan spesifik berdasarkan pembahasan di pertemuan para pakar tersebut.

Revitalisasi daerah adalah kebijakan kunci dalam kabinet Abe. Sebuah panel pemerintah pada bulan Mei lalu dalam sebuah laporan menyampaikan, apabila tingkat kelahiran Jepang tidak mengalami peningkatan, maka populasi negara itu akan menyusut sepertiga menjadi 87 juta jiwa dalam 50 tahun mendatang.

Source  : NHK World