自己紹介 Jikoshoukai ‘Perkenalan Diri’

Dalam Bahasa Jepang, memperkenalkan diri itu sudah pasti ada khasnya. Biasanya orang Jepang memperkenalkan diri dengan diiringi dengan ojigi. Sudah tahu kan apa itu budaya
ojigi? Hehehe
Saat pertama kali bertemu orang asing (tak dikenal), orang Jepang biasanya memperkenalkan diri diawali dengan kata 初めまして hajimemashite /hajimemashte/ ‘salam kenal’.
Ok langsung saja saya akan mencoba memperkenalkan diri saya dulu ^^



初めまして。Hajimemashite /hajimemashte/
わたしはDewiです。Watashi wa Dewi desu /Dewi des/
大学生です。インドネシア人です。Daigakusei desu. Indonesia jin desu. /daigaksei des. Indonesia jin des/よろしくお願いします。Yoroshiku onegai shimasu /doozo yoroshiku onegai shimas/

Bagaimana?? Kira-kira Anda sudah mengerti maksud saya atau belum?? :D
Okidoki.. mari kita bahas satu per satu... :)


o    初めまして
Kalau dalam Bahasa Indonesia bisa berarti ‘salam kenal’. Ungkapan ini biasa diucapkan ketika pertama kali bertemu, sama dengan ‘how do you do’ dalam Bahasa Inggris.

o    わたしはDewiです。
1) Dewi = nama orang alias saya ^o^
2) は dibaca wa, merupakan partikel dalam Bahasa Jepang

3) ですdesu merupakan sebuah kopula yang sebenarnya tidak memiliki arti (dibaca “des”), namun sangat berpengaruh dalam hal kebahasaan atau saat bercakap-cakap. Desu adalah kopula yang menandakan bentuk kesopanan.
Jadi dalam hal ini, bisa diartikan ‘saya Dewi’

o    大学生です。インドネシア人です。
1) 大学生Daigakusei = mahasiswa
2) インドネシア人Indonesia jin = orang Indonesia
 人Jin artinya orang, warga..., dan begitulah. Jika diletakkan setelah nama negara, berarti ‘warga negara xxx’. Contoh lain misalnya :
    Nihonjin (orang Jepang),
    Chuugoku jin (orang China)
    Kankoku jin (orang Korea)
    Oranda jin (orang Belanda)
    Dll.
2) Desu = (kopula)
Jadi dalam kalimat di atas, bisa diartikan, ‘Saya seorang mahasiswa. Saya orang Indonesia’

o    よろしくお願いします。 
Kalau dalam Bahasa Indonesia kuang lebih artinya sama dengan ‘senang berkenalan dengan Anda’. Ungkapan ini juga ada  beberapa macamnya seperti yang sudah saya jelaskan di bab sebelumnya.

o   
Ojigi
Nah, bagaimana? Apakah teman-teman sudah bisa memahaminya?? :)


Selain contoh perkenalan di atas, Anda juga bisa menyebutkan identitas atau profil Anda yang lainnya, misalnya dari mana Anda berasal, profesi, umur, dll.
Oke, mari kita lihat contohnya ^^


初めまして。Hajimemashite (perkenalkan)
わたしはDewiです。Watashi wa Dewi desu (saya Dewi )
ブラウィじゃや大学の大学生です。インドネシアから来ました。Burawijaya daigaku no daigakusei desu. Indonesia kara kimashita. (saya seorang mahasiswa dari Universitas Brawijaya. Saya dari Indonesia)
二十歳です。Hatachi desu. (saya berumur 20 th)よろしくお願いします。Yoroshiku onegai shimasu (senang berkenalan dengan Anda)


Nah, bagaimana teman2?? Mudah kan, memperkenalkan diri dengan Bahasa Jepang??
Atau masih ada yang Anda belum pahami??
Jika belum silahkan dibaca sekali lagi atau bisa juga sharing di fanpage kami NC.. hehe Jika sudah mengerti dan bisa, Anda bisa memperkenalkan diri di kotak komentar yang sudah tersedia seperti cara di atas, atau juga bisa memperkenalkan diri di group kami, NC...

Jaa, kore de ijou.. ganbatte kudasai!! ^o^