Pertama – tama, Kami ingin mengucapan selamat tahun baru 2015. Semoga ribuan harapan yang kita punya dapat segera terkabul. Semoga 2015 menjadi tahun penambah makna untuk hidup kita masing – masing. Dan segalanya menjadi lebih baik. Jika memang kita akan selalu diuji dengan sebuah musibah dan kesedihan, semoga hati kita dapat mehadapi dan menerimanya dengan tabah…
Kedua, Kami mohon maaf atas keterlambatan posting di hari kamis ini. Namun, Kami mencoba untuk tidak melupakan komitmen yang telah kami buat. Jadi, walaupun terlambat, Kami ingin berbagi dengan kalian… NC –Tomo


Mengenai Tahun Baru, hampir setiap orang di dunia ini cukup antusias untuk merayakannya. Termaksuk dengan Negara Jepang. Berikut ini adalah beberapa tradisi yang dilakukan orang Jepang ketika Tahun baru.

1. Bōnenkai (Pesta Makan Akhir Tahun)
Bōnenkai berarti berkumpul untuk melupakan tahun ini. Hampir seluruh restoran di Jepang penuh pada saat weekend di bulan Desember karena banyaknya perusahaan yang mengelar acara ini. Pesta ini digelar untuk melupakan kesulitan yang telah dilalui selama setahun dengan teman kantor sambil minum-minum
2. Oosouji ( Bersih- Bersih Rumah)
Banyak rumah tangga yang membersihkan seluruh rumahnya hingga ke sudut-sudut rumah yang jarang dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menyambut tahun baru.
3. Toshikoshi Soba
Ketika perayaan tahun baru, banyak warga Jepang yang memakan Toshikoshi soba. Soba dimakan ketika tahun baru karena teksturnya yang mudah putus sehingga soba ini merepresentasikan putusnya hal- hal buruk di tahun lalu.
4. Kisei (Pulang Kampung)
Seperti halnya di Indonesia, ketika tahun baru banyak warga Jepang yang pulang ke kampung halamannya.
5. Hatsumoude
Hatsumoude adalah ritual pergi ke kuil ketika tahun baru. Banyak warga Jepang yang mengunjungi kuil untuk berdoa meminta perlindungan, keselamatan, kesehatan dan lainnya di tahun yang baru.
6. Oshogatsu
Di Jepang, tanggal 1 – 3 Januari dikenal dengan sebutan Oshogatsu. Tanggal ini adalah waktunya warga Jepang berkumpul bersama keluarga untuk merayakan tahun baru.
7. Osechi Ryori
Makanan yang wajib ada ketika tahun baru adalah Osechi Ryori. Makanan ini dimakan pada hari pertama tahun baru. Osechi ini terdiri dari Daidai, Datemaki, Kamaboko, Kazunoko, Konbu, Kuromame, Kohaku namasu, Tai,Tazukuri, Zoni, Ebi dan Nishki tamago.
8. Otoshi-dama
Di Jepang juga ada kebiasaan orang dewasa memberikan uang saku yang dimasukan ke dalam amplop dengan motif yang lucu ketika tahun baru, kebiasaan ini dinamakan Otoshi-dama.
9. Nengajo (Kartu Tahun Baru)
Nengajo adalah kartu ucapan selamat tahun baru. Kartu ini dikirimkan untuk orang-orang dekat maupun untuk orang yang telah banyak membantu mereka selama setahun penuh.
10. Shinnenkai (Pesta Tahun Baru)
Seperti halnya pesta akhir tahun. Shinnenkai diadakan ketika memasuki tahun baru. Pesta ini dilaksanakan untuk menyambut tahun yang baru.

Sumber: www.kawaiibeautyjapan.com