Doumo!!
Regards to NC-Tomo. . . . ^.^
Kali ini mimin akan sedikit memberikan info mengenai beasiswa, yang pastinya beasiswa buat menimba ilmu di negeri kelahiran Naruto..
Ternyata ada banyak sekali beasiswa yang sebelumnya juga belum saya ketahui di luar beasiswa Monbukagakusho.. Osh! Berikut adalah hasil rangkuman dari beberapa beasiswa, baik itu dari pemerintah Jepang maupun swasta..
 
 Beasiswa MONBUKAGAKUSHO atau MEXT     
  
Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan dukungan penuh terhadap pelajar asing yang ingin melanjutkan studi ke Jepang. Beasiswa MEXT dibuka setiap tahunnya melalui kedutaan besar pemerintah Jepang di masing-masing negara. Beasiswa MEXT ini terbuka untuk umum dan tidak ada ikatan dinas setelah selesai. Ada pilihan beasiswa untuk D2, D3, S1, dan Research Student (S2 atau S3). Pembukaan beasiswa ini sekitar bulan Maret-April untuk masuk ke tahun ajaran berikutnya. Selain itu ada juga program Teacher Training yang ditujukan untuk guru-guru di Indonesia selama 1,5 tahun dan Japanese Studies khusus untuk mahasiswa jurusan Jepang selama 1 tahun.

Beasiswa ini memberikan pembiayaan secara menyeluruh, termasuk transportasi PP ke Jepang, uang sekolah dan uang saku bulanan sesuai dengan programnya.
 

Di sini ada beberapa jenis beasiswa Monbukagakusho.

1.  Program Research Student (S2, S3)  
Program ini ditujukan untuk anda yang berminat dalam program riset (non-degree) di perguruan tinggi di Jepang. Pada saat menjalani program riset, peminat diperbolehkan melamar ke degree proram (S-2 / S-3 / professional graduate course) atau meneruskan program S-3 setelah menyelesaikan program S-2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

Peminat juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti tahapan research student, apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan.
Beasiswa diberikan tanpa ikatan dinas, mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih 143,000 yen per bulan), dan tiket pesawat pp.

Persyaratannya:
 •  Lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1981.
 •  IPK terakhir minimal 3.0
 •  Nilai TOEFL-PBT minimal 550 atau TOEFL-IBT 79 atau IELTS Minimal 6.0, atau JLPT 
    minimal N2. (yasalam Toefl nya sungguh terlalu fufufu ToT)
 •  Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html

2. Program research student beasiswa University to University (U to U) 
Program ini pada dasarnya sama seperti Research student (S-2, S) di atas. Rekomendasi dari Universitas di Jepang yang menjalin kerjasama dengan universitas tempat belajar calon penerima beasiswa di Indonesia. Untuk keterangan lebih lanjut harap menghubungi Universitas tempat anda belajar saat ini. Pihak Kedutaan Besar Jepang tidak melaksanakan Proses Seleksi.

Program research student ini dapat melanjutakan ke program doctor/master bila lulus tahap ujian masuk program pasca sarjana, tetapi dapat juga  langsung masuk ke program master/ doktor bila mendapatkan izin masuk langsung ke program pasca sarjana saat masih berada di Indonesia. Semua bidang studi ada.

Persayaratan:
 • usia di bawah 35 tahun.
 • Lulusan D4/S1/S2
 • IPK diatas 3,0
 • TOEFL diatas 550 atau JLTP diatas level 2

Fasilitas yang didapat:
 • Beasiswa yang diberikan penuh dan tanpa ikatan dinas
 • Tiket kelas ekonomi p.p Indonesia (Jakarta) - Jepang
 • Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan matrikulasi
 • Tunjangan kedatangan sebesar ¥ 25.000 diberikan pada saat tiba di Jepang
 • Peserta disediakan asrama.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rsu.html
  
3. Program research student beasiswa Person to Person (P to P)  
Maksudnya disini adalah, kalau misalnya kita punya kenalan di Jepang, kita bisa meminta bantuannya. Bukan berarti orang tersebut yang membiayai kita, namun di Jepang jika ada salah satu mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya, maka otomatis kursi yang akan dia tinggalkan akan kosong. maka dari itu untuk mengisi kursi tersebut dia harus mencari orang yang mau mengisi kursi tersebut karena jikalau dia mendapatkan beasiswa dari profesornya maka kita yang jadi penerusnya juga akan mendapatkannya. (ooh jadi begituu...hohoho)

Untuk persyaratannya saya belum tahu detailnya, apakah harus melewati ketentuan-ketentuan yang sama seperti persyaratan beasiswa orang tersebut atau tinggal meneruskannya (mantap donk?) atau bagaimana.. Mungkin jika ada teman anda yang memberikan teman kosong, bisa bertanya padanya..hehe

4. Program Beasiswa Undergraduated (S1)  
Program ini ditujukan kepada mereka yang berminat pada Program S1. Terbuka untuk semua bidang. Dapat melanjutkan ke jenjang master bila berprestasi baik secara akademik.
Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1). Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1.

Persyaratan:
 1. Usia lebih dari 17 tahun dan kurang dari 22 tahun
 2. Lulusan SLTA
 3. Nilai rata-rata minimal 8,4

Masa Belajar:
 5 Tahun kecuali kedokteran 7 Tahun termasuk 1 tahun belajar bahasa jepang.

Sistem Seleksi :
 -  Seleksi dokumen
 -  Ujian tulis
    IPS :  Bahasa Jepang, Inggris, dan Matematika.
    IPA-A :Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika.
    IPA-B,C : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Biologi.
 -  Wawancara

>> Pilihan Studi:
IPS : Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
IPA-A : Science, Electric and Electronic studies, Mechanichal Studies, Civil Engineering ang Architecture, Chemical Studies, dan bidang lain (Metalurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Enginering, Biotechnology)
IPA-B: Agriculture studies, Hygienic studies, Science
IPA-C: Medicine, Dentistry
(Semua soal dalam bahasa inggris)

5. Program Beasiswa College Of Technology (D-3) 
Program ini ditujukan untuk mereka yang berminat di technology. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen percoaban dan latihan-latihan. lulusan dari sekolah ini diharapkan dapat menjadi ahli teknik dan dapat melanjutkan ke jenjang S1 sebagai mahasiswa untuk tahun ketiga bila berprestasi baik secara akademik.

Persyaratan :
 1. Usia lebih dari 17 tahun dan kurang dari 22 tahun
 2. Lulusan SLTA
 3. Nilai rata-rata minimal 8,0

Masa Belajar :
 4 Tahun  termasuk 1 tahun belajar bahasa jepang.

Pilihan Studi :
 Kimia : Jurusan yang terkait pada bidang kimia adalah Materials Enginering
 Fisika : Jurusan yang terkait dengan bidang fisika adalah Mechanical Enginering,  
 Electronics and Electrical Enginering, Civil Engineering ang Architecture, Network 
 Enginering, Information comunication dll.
(Semua soal dalam bahasa inggris)

Sedikit mengenai College Technology yaitu program yang memiliki 5 tahun program belajar yang dirancang bagi lulusan SMP di Jepang. Siswa penerima beasiswa MONBUKAGAKUSHO lulusan SMA akan masuk College Technology sebagai mahasiswa tahun ke-3. sebagian besar adalah Industrial College of Technology yang menawarkan semua mata pelajaran  yang berhubungan dengan industri dan ada juga sejumlah sekolah niaga laut.  Dalam periode 5 tahun ditawarkan pendidikan yang setingkat dengan SMA dan pendidikan umum universitas dengan studi teknik yang dimulai pada tahun pertama.

6. Program Beasiswa Specialized Training College (D2)  
Program ini ditujukan kepada mereja yang berminat pada pelajaran di spesialized training colege dan menawarkan practice kejuruan.

Pilihan Studi/Jurusan:
Electronics and Electrical Enginering, Civil Engineering and Architecture, Wireless Comunicatin, Computer, Information Processing, Nourishment, Cooking, Nursery Teacher Training, Nursing Welfare, Social Welfare, Management, Travel, Bussines, Harmony, Dressmaking, Music, Art, Design, Fotograph.

Persyaratan sama dengan yang di atas, masa belajar hanya 3 tahun dan 1 tahun bahasa jepang. Ujian seleksi tulis adalah Bahasa Inggris, dan Matematika.

Sedikit mengenai program ini, sekolah ini menawarkan pelatihan praktis bagi mereka yang lulus SMA. berlangsung selama 2 tahun dan memberikan kemampuan tingkat tiunggi yang diperlukan mahasiswa untuk pekerjaan.

Fasilitas untuk D2, D3, dan S1:
 • Biaya kuliah/pendidikan 100% dicover
 • Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
 • Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2014. Untuk tahun 2015 dan tahun 
    selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
 • Tanpa ikatan dinas
Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html 

7. Program Teacher Training  
Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2015.

Persyaratan:
 • Lulusan minimal S1 atau D4
 • Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan 

   Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
 • Berbengalaman mengajar minimal 5 tahun di lembaga pendidikan formal
 • Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa 

   Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
 • Usia maksimal 35 tahun.

Fasilitas :
 • Biaya kuliah/pendidikan 100% dicover
 • Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
 • Tunjangan ¥143.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2014. Untuk tahun 2015 dan tahun 

    selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
 • Tanpa ikatan dinas
Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

8. Program Japanese Studies  
Program Japanese Studies dirancang khusus bagi para mahasiswa/i yang sedang kuliah di jurusan Bahsa Jepang program S1 untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memperdalam pengertian tentang kebudayaan Jepang. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun dari Oktober 2015.

Persyaratan :
 • Mahasiswa yang masih aktif kuliah di salah satu perguruan tinggi program S1, yang 

   mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Jepang
 • Usia di bawah 30 tahun.

 • Memiliki JLPT paling tidak minimal N3, dan telah direkomendasikan oleh Universitas, 
   berdasarkan seleksi internal di Universitas masing-masing.

Fasilitas:
 • Biaya kuliah/pendidikan 100% dicover
 • Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
 • Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2014. Untuk tahun 2015 dan tahun 

   selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
 • Tanpa ikatan dinas




 JASSO       
JASSO (Japan Student Services Organitation) merupakan lembaga pelayanan bagi mahasiswa asing yang ingin srudi ke jepang. untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.jasso.or.id/beasiswa.php

Sebenarnya selain Monbukagakusho dan JASSO masih banyak lagi beasiswa-beasiswa untuk belajar di Jepang, yaitu beasiswa yang kita dapatkan dari lembaga-lemabaga maupun perusahaan-perusahaan besar, bahkan kita dapat memperoleh beasiswa dari Profesor kita sendiri jika sudah di Jepang.

Untuk melihat info beasiswa  Jepang lainnya bisa di lihat di sini . . ^^